kanor.bojonegorokab.go.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro melaksanakan perbaikan darurat tanggul Kali Mekuris di Desa Pesen yang mengalami longsor/sliding. Kegiatan terebut berlangsung selama dua hari pada tanggal 20 dan 21 Januari 2016. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka pencegahan bencana terutama banjir bandang,

Tanggul yang mengalami kerusakan tersebut terletak di kelokan kali dimana arus air mengikis tanah di bagian bawah tanggul. Jika tidak segera ditangani, dikuatirkan dapat mengancam keselamatan warga sekitar yang rumahnya berdekatan dekat tanggul. Apalagi di akhir bulan Januari diprediksi terjadi kenaikan curah hujan.

Dalam kegiatan tersebut, BPBD dibantu oleh para anggota Koramil Kanor serta masyarakat Desa Pesen. Untuk menahan erosi akibat arus air, dibuatlah bronjong (tumpukan bebatuan yang dirangkai dengan kawat besar)  Dibuat juga tumpukan sak berisi tanah yang diperkuat dengan gedek (anyaman bambu) dan dipatok dengan bongkotan (batang bambu).

Penanggulangan darurat tersebut cukup berat mengingat pengerjaannya dilakukan secara manual tanpa dibantu peralatan berat. Apalagi beberapa hari sebelumnya sudah mulai turun hujan sehingga volume air mulai meningkat. Namun demikian para peserta kerja bakti tetap bersemangat menuntaskan pekerjaan yang telah direncanakan.  (keckanor/dika)


By Admin
Dibuat tanggal 28-01-2016
461 Dilihat