kanor.bojonegorokab.go.id – Dalam rangka memantapkan kemampuan kader Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa serta mendukung suksesnya Gerakan Desa Sehat dan Cerdas (GDSC) di Kabupaten Bojonegoro, Tim Penggerak PKK Kecamatan Kanor menyelenggarakan Lomba Penyuluhan Kader PKK Desa Tingkat Kecamatan. Acara yang digelar di pendopo kecamatan setempat ini diikuti oleh lima desa, yaitu Cangaan, Nglarangan, Gedongarum, Tejo dan Sedeng serta dihadiri oleh seluruh Ketua TP PKK Desa dan Kepala UPTD/UPTB se-Kecamatan Kanor (Senin, 09/05/2016).

Kelima desa tersebut merupakan yang terbaik dari hasil seleksi terhadap 25 desa yang ada di Kecamatan Kanor. Masing-masing menyiapkan satu tim yang terdiri dari lima orang kader yang akan tampil di depan para juri dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Bojonegoro. Aspek yang dinilai adalah materi yang disampaikan serta teknik penyampaian dan penampilan.

Tema yang disampaikan dalam lomba sangat beragam antara lain pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), keberlanjutan Kebun Sehat dan Bergizi Posyandu (KSBP), pentingnya aktifitas fisik bagi kesehatan, pencegahan kekurangan vitamin A pada balita serta beragam tema lainnya. Tiap peserta memilih tema dengan sistem undian. Hal ini membuat lomba penyuluhan menjadi sangat menantang karena peserta tidak tahu tema apa yang tertulis dalam kertas undian yang diambilnya. Namun semua peserta tampil percaya diri karena telah mempersiapkan diri cukup lama dengan belajar dan berlatih dengan beragam tema.

Dalam sambutan resminya, Ketua TP PKK Kabupaten Bojonegoro Mahfudhoh Suyoto berpesan semua kader PKK agar dapat terus menjadi teladan bagi masyarakat Bojonegoro untuk hidup sehat, cerdas, produktif dan bahagia. “Tujuan lomba bukan hanya mencari juara, tapi juga mencari kader yang luar biasa di semua desa,” ujarnya.

Dirinya menambahkan bahwa untuk memudahkan tugas penyuluhan di lapangan, maka  kader PKK harus menguasai materi dan memperkaya wawasan antara lain dengan membaca buku dan memanfaatkan internet. “PKK Kabupaten sudah membuat buku 10 Program Pokok untuk materi penyuluhan,” katanya.

Lebih lanjut, wanita yang akrab dipanggil Bu Yoto ini mengingatkan para kader akan pentingnya lima pilar kegiatan PKK Kabupaten Bojonegoro, yaitu Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan, Keharmonisan dan Agama. Kelima pilar ini saling berhubungan dan tidak dapat dipisahkan dalam mengatasi permasalahan di masyarakat.

Dalam lomba penyuluhan kader PKK di Kecamatan Kanor ini, Desa Tejo terpilih menjadi juara I dengan nilai total 717,5. Disusul dengan Desa Nglarangan menempati peringkat II dengan nilai total 712,5 dan Desa Cangaan di peringkat III dengan nilai total 710. Sementara itu Desa Sedeng terpilih sebagai Juara Harapan I dengan nilai total 682,5 dan Desa Gedongarum sebagai Juara Harapan II dengan nilai total 667,5.  (keckanor/dika)


By Admin
Dibuat tanggal 23-05-2016
366 Dilihat