kanor.bojonegorokab.go.id - UPTD Puskesmas Kanor menyelenggarakan kegiatan Minilokakarya Tribulanan Kedua di Pendopo Kecamatan Kanor (Rabu, 02/03/2016). Kegiatan yang diikuti oleh Muspika, kepala desa, bidan desa dan perwakilan UPT se-Kecamatan Kanor ini bertujuan memaparkan jenis-jenis pelayanan kesehatan, program dan kegiatan UPTD Puskesmas Kanor, kendala yang dihadapi di lapangan serta solusi untuk mengatasinya. Diharapkan dari acara ini, semua pihak terkait dapat memahami perannya dan berpartisipasi dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Kami berharap dukungan seluruh pemerintah desa dan instansi di Kecamatan Kanor dalam pelaksanaan program dan kegiatan pelayanan kesehatan," kata Kepala UPTD Puskesmas Kanor, Dr. Vera Agustina dalam sambutannya.

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, Puskesmas Kanor membuka jalur pengaduan melalui telepon, SMS, whatsapp dan kotak saran. "Laporan dan aduan dari masyarakat ini selalu kami respon," kata Dr. Vera. Bahkan untuk laporan yang sudah direspon akan dipasang di papan pengumuman. "Hal ini agar dibaca dan diketahui oleh warga lainnya," tambahnya.

Pelayanan kesehatan tidak hanya diberikan di Puskesmas dan unit pelayanan kesehatan di desa, tetapi juga di sekolah. Puskesmas bekerjasama dengan Dinas Pendidikan melakukan penyuluhan kesehatan dan pemeriksaan kesehatan indera secara berkala di sekolah. Dengan kegiatan ini jika ada siswa yang mengalami gangguan indera dapat dideteksi dari awal. 

Lebih lanjut diterangkan bahwa Puskesmas juga mendukung pembinaan Unit Kesehatan Sekolah (UKS). "UKS ini berada dibawah naungan Diknas dan Puskesmas dapat membantu dalam penyediaan obat serta pelatihan," ungkapnya

Sekretaris Kecamatan Kanor, Agus Subagyo dalam sambutannya mewakili Camat Kanor mengatakan bahwa untuk meningkatkan kesehatan masyarakat diperlukan usaha untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pemeriksaan dini. "Pemeriksaan sedari awal akan sangat baik sehingga penyakit yang diderita tidak sampai bertambah parah," katanya.

Agus Subagyo juga kembali menegaskan agar pemerintah desa dan instansi di Kecamatan Kanor memberikan dukungan demi suksesnya program pemerintah di sektor kesehatan. 

Minilokarya Tribulanan ini tidak hanya diisi dengan pemaparan dan diskusi, tetapi juga senam bersama dan penandatanganan komitmen bersama perwakilan masyarakat Kanor dalam mendukung pelaksanaan program kesehatan dan pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan.  (keckanor/dika)


By Admin
Dibuat tanggal 05-03-2016
1012 Dilihat