kanor.bojonegorokab.go.idPemerintah Desa se-Kecamatan Kanor memasang spanduk himbauan Gerakan 3 M Plus di balai desa dan tempat umum. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya Gerakan 3 M Plus dalam mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Himbauan ini juga untuk meningkatkan pemahaman masyarakat bahwa pencegahan selalu lebih baik daripada pengobatan. Selain lebih murah dan mudah, juga agar tidak ada lagi korban DBD yang sebenarnya dapat dihindari.

Gerakan 3 M Plus ini juga lebih efektif daripada fogging. Karena fogging hanya membunuh nyamuk dewasa saja, sedangkan jentik-jentik masih bertahan hidup. Padahal jentik nyamuk ini dapat berubah menjadi nyamuk dewasa hanya dalam waktu dua hari saja.

Gerakan 3 M Plus ini meliputi:
  1. Menguras tempat penampungan air secara berkala.
  2. Menutup tempat penampungan air sehingga tidak menjadi tempat bertelur dan berkembangnya nyamuk
  3. Mengubur barang-barang bekas seperti ban bekas, kaleng dan botol bekas yang dapat menjadi tempat genangan air dan sarang perkembangan nyamuk.

Selain itu juga ditambah dengan menggunakan obat nyamuk dan minyak kayu putih, memelihara ikan atau menaburkan abate di tempat penampungan air yang tidak dapat dikuras, menggunakan kelambu di tempat tidur serta menjaga kebersihan lingkungan.

Masyarakat juga diminta untuk waspada, jika ada anggota keluarga yang menderita demam sampai tiga hari agar segera diperiksakan ke tempat pelayanan kesehatan terdekat.  (keckanor/dika)


By Admin
Dibuat tanggal 22-02-2016
674 Dilihat