kanor.bojonegorokab.go.id – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Bojonegoro bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Bojonegoro menggelar pelatihan Aplikasi Update Data Dasawisma (Senin, 18/07/2016). Kegiatan yang dilaksanakan di pendopo kecamatan ini diikuti 50 orang kader Dasawisma Desa se-Kecamatan Kanor.

“Pelatihan aplikasi update data dasawisma ini dalam rangka mensukseskan program Big Data Kabupaten Bojonegoro,” ujar Kepala Bidang Jaringan dan Komunikasi Dinas Kominfo, Joko Suharmanto.

Sejumlah 40 orang peserta merupakan kader yang baru pertama kali mengikuti pelatihan. Sedangkan sisanya sudah mendapatkan pelatihan sebelumya. “10 orang dari 5 desa ini ikut diundang kembali untuk memantapkan ilmunya,” jelas Ketua TP PKK Kecamatan Kanor, Gammawati Subiyono.

Aplikasi yang dibangun ini diharapkan mampu menjawab permasalahan yang ada dalam penyimpanan dan pengolahan data secara manual. “Bagaimana data agar mudah dicari dan tidak hilang,” kata Joko menjelaskan salah satu persoalan yang ada.

Dirinya meminta setelah pelatihan, kader Dasawisma Desa agar rajin entri data ke dalam aplikasi. Keaktifan peserta inilah yang akan menjamin keberlangsungan program yang telah dicanangkan.

Lebih lanjut, Joko menjelaskan bahwa dalam kegiatan ini pihaknya menggandeng Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Bojonegoro. Sehingga peserta pelatihan tidak perlu khawatir jika menemukan kendala dalam mengisi aplikasi.

“Mereka ini orang-orang yang sangat ahli di bidang informasi teknologi,” tegasnya. “RTIK siap mendampingi bila ada kesulitan baik dengan datang langsung maupun lewat media sosial, telepon, sms atau lainnya,” tambahnya.

Para peserta tampak bersemangat mengikuti pelatihan yang berlangsung selama tiga jam ini. Sambil mempraktekkan materi pelatihan di laptopnya, tak jarang bertanya kepada para pendamping RTIK hal-hal yag masih belum dipahami.  (keckanor/dika)


By Admin
Dibuat tanggal 19-07-2016
502 Dilihat